Minggu, 22 April 2018

Apakah Money Killing Sport?

Jose Setien - Berita terbaru di Inggris telah menampilkan dua ksatria kerajaan. Kematian diumumkan Sir Roger Bannister, atlet yang berlari mil pertama empat menit di Oxford pada tahun 1954 dan kemudian diberi gelar karena kontribusinya terhadap obat-obatan. Bannister berkompetisi di era amatir dan dikatakan tidak mendapatkan keuntungan finansial dari olahraga. Di sisi lain, Sir Bradley Wiggins, tampil di era modern di mana semua olahraga elit profesional dan dihargai tinggi. Dia berada di berita karena komite Parlemen telah menemukan bahwa meskipun dia tidak melakukan sesuatu yang ilegal, dia tetap bertindak tidak etis dalam mengambil obat yang diresepkan bukan untuk mengobati penderitaan tetapi murni untuk meningkatkan prestasinya dalam memenangkan lomba siklus Tour de France pada tahun 2012.

Kompetisi bersepeda internasional telah mendapatkan reputasi buruk untuk penyalahgunaan narkoba ketika mantan pemenang tujuh kali Tour de France, Lance Armstrong, dicopot dari semua prestasinya pada wahyu pelanggarannya pada tahun 2012. Badan Anti-Doping Amerika Serikat menggambarkan dia sebagai biang keladi dari "program doping yang paling canggih, profesional dan sukses yang pernah dilihat olahraga." Tim Sky cycling, di mana Wiggins adalah anggota, diluncurkan pada klaim sebagai juara olahraga bersih. Sekarang telah dinyatakan sebagai bertindak dengan cara yang secara teknis legal tetapi tidak etis, perilaku yang dapat dianggap sebagai ciri dari banyak bisnis modern.

Refleksi lain yang menarik tentang tren olahraga modern diberikan baru-baru ini oleh keputusan FIFA untuk mengizinkan penggunaan fasilitas pemantauan TV dalam pertandingan sepak bola untuk membantu keputusan wasit. Berbagai sistem sudah digunakan dalam kriket dan rugby, di mana penonton ditampilkan tayangan ulang di layar TV besar. Namun, tayangan ulang aksi tidak akan ditampilkan dengan cara ini di pertandingan sepak bola dengan alasan bahwa penggemar tidak akan siap untuk menerima keputusan marjinal yang bertentangan dengan tim mereka. Ini jelas merupakan kecaman berat olahraga oleh badan pengaturnya sendiri, dan menunjukkan pada apa kedalaman sportif dan etika yang tenggelam dalam olahraga yang paling komersial ini.

Pelajaran dari semua ini tampaknya adalah bahwa pihak berwenang akan terus berjuang untuk legalitas dalam olahraga, seperti dalam bisnis, tetapi sedikit yang dapat dilakukan untuk memastikan perilaku etis, dan sportivitas murni dapat diharapkan untuk bertahan hidup hanya di arena amatir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar